5 Cara Tepat Meningkatkan Domain Authority (DA)
Baik,
jika kamu seorang pemasar digital berpengalaman atau baru di dunia SEO, Anda
mungkin pernah mendengar tentang Domain Authority (DA). Metrik DA memiliki
sejarah panjang dalam industri SEO, dan banyak ahli strategi SEO menggunakannya
untuk memahami dan mengukur potensi peringkat situs web.
Tapi
apa sebenarnya Domain Authority dan seberapa penting itu untuk
strategi SEO Anda sendiri? Domain Authority bukan hanya untuk para
ahli SEO, dan siapa pun yang ingin peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian
dapat memperoleh manfaat dari pemahaman yang lebih bernuansa tentang metrik
otoritas situs ini. Dalam artikel ini, saya berharap untuk mengungkap Otoritas
Domain dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
- Apa itu Domain Authority dan bagaimana cara menghitungnya?
- Apa yang benar-benar perlu saya ketahui tentang Domain Authority?
- Bagaimana cara meningkatkan Domain Authority?
- Bagaimana saya bisa menggunakan DA dalam strategi SEO saya?
- Apa itu Domain Authority?
Domain Authority adalah metrik yang dibuat oleh Moz, perangkat lunak SEO, yang mengukur seberapa besar kemungkinan peringkat situs web dalam hasil mesin pencari. Otoritas Domain berada pada skala 0-100 dengan skor yang lebih tinggi memprediksi potensi peringkat yang lebih kuat.
Ingin tahu tentang skorDomain Authority untuk situs web Anda sendiri? Periksa skor Anda dengan Domain Authority Checker, gratis
Bagaimana Domain Authority Moz dihitung?
Ada
beberapa faktor yang digunakan Moz untuk menghitung DA, tetapi yang paling
signifikan adalah tautan masuk yang mengarah ke domain Anda, juga dikenal
sebagai tautan balik.
Moz mengumpulkan informasi ini dari indeks Link Explorer yang terus diperbarui. Situs dengan lebih banyak backlink dan domain perujuk unik cenderung memiliki skor DA yang lebih tinggi. Anda dapat membaca semua tentang matematika di balik Otoritas Domain di Panduan Penilaian Authority Moz. Tetapi untuk membuatnya sesederhana mungkin, ini semua tentang profil backlink Anda.
Berapa skor Domain Authority yang Baik?
Karena Domain
Authority berada pada skala 100 poin, Anda mungkin tergoda untuk
mengkategorikan skor tertentu sebagai "baik", atau "buruk".
Tetapi mendapatkan skor DA yang sempurna adalah pencapaian yang hampir mustahil
yang hanya pernah diperoleh oleh situs web terbesar dan terpopuler.
Itu
sebabnya Moz menekankan bahwa metrik ini adalahkomparatif. Situs web dengan
skor DA rendah masih dapat dan sering kali mendapat peringkat tinggi dalam
hasil mesin pencari.
Katakanlah
situs web Anda memiliki DA 25. Itu mungkin lebih rendah dibandingkan dengan
jutaan situs web lain di luar sana, tetapi jika skor itu lebih tinggi dari
pesaing Anda, kemungkinan besar Anda dapat mengungguli mereka untuk kata kunci
penting di industri Anda.
Dengan
kata lain, skor Otoritas Domain bagus yang lebih tinggi dari domain yang Anda
harapkan untuk diungguli.
Cara memeriksa Domain Authority
Ingin
tahu tentang skor Domain Authority untuk situs web Anda sendiri? Anda
memiliki banyak pilihan. Berikut ini hanya tiga:
- Domain Authority
- apa yang benar-benar perlu Anda ketahui?
- Jadi apa yang sebenarnya perlu diketahui oleh pemilik situs atau pemasar digital tentang Domain Authority?
Jika
tujuan utama Anda hanya untuk mendapatkan pelanggan baru dari pencarian, tidak
wajib untuk memahami seluk beluk perhitungan ini. Namun, Otoritas Domain
memiliki banyak aplikasi langsung untuk menyusun strategi SEO yang sukses.
Berikut adalah hal-hal yang paling penting untukmemahami tentang metrik
otoritas situs ini.
1. Domain
Authority bukan faktor peringkat
Meskipun DA dapat membantu mengukur potensi peringkat, DA tidak memiliki bagian dalam algoritme peringkat Google. Inilah sebabnya mengapa situs web yang lebih baru atau lebih kecil dengan skor Otoritas Domain yang lebih rendah masih dapat mengungguli pesaing jika mereka membuat konten berkualitas tinggi, informatif, segar, dan relevan bagi pengguna.
Namun, beberapa faktor yang digunakan Moz untuk menghitung Domain Authority adalah faktor peringkat Google, seperti jumlah domain root yang ditautkan dan jumlah halaman yang ditautkan. Akibatnya, seringkali ada hubungan positif antara skor DA dan indikator kinerja SEO lainnya seperti peringkat kata kunci, posisi rata-rata, dan lalu lintas organik.
2. Domain Authority bukan satu-satunya metrik otoritas situs
- Majestic’s Citation Flow
- Semrush’s Authority Score
- Ahrefs’ Domain Rating (DR)
DR (domain rating) is Ahrefs’ Domain Authority metric. |
Dan
karena masing-masing merek ini menggunakan perhitungan unik dan indeks
tautannya sendiri, skor situs web Anda dapat sangat bervariasi untuk setiap
metrik.
Misalnya,
plot sebar Domain Rating vs Domain Authority. di bawah ini
membandingkan skor Ahrefs DR dan Moz DA sekitar 9.700 domain. Tren naik
menunjukkan bahwa metrik otoritas situs memiliki hubungan positif satu sama
lain.
Namun,
data juga menunjukkan bahwa ada kalanya skor DA dan DR dapat sangat berbeda
untuk domain yang sama. Kelompok domain di mana skor DA secara signifikan lebih
rendah daripada skor DR mungkin karena Ahrefs mempertimbangkan kualitas tautan
dan otoritas domain perujuk dalam perhitungan DR-nya.
Jadi, meskipun DA bisa dibilang metrik Authority yang paling banyak digunakan di industri SEO, itu tidak berarti kebenaran mutlak tentang potensi peringkat. penting untuk dicatat bahwa ada cara lain untuk memahami kesehatan dan potensi peringkat situs web Anda di luar DA.
3. PageRank Google adalah Metrik Authority Asli
Jauh
sebelum Domain Authority berada di kancah SEO, PageRank Google adalah
metrik otoritas asli.
Google
dulu menampilkan PageRank halaman web secara publik di bilah alatnya, tetapi
karena SEO BlackHat mengeksploitasi informasi itu untuk membantu peringkat
mereka, Google sekarang menyimpan skor PageRank di bawah kunci dan kunci.
Pada
dasarnya, setiap kali sebuah halaman tertaut ke halaman lain, halaman itu
melewati sebagian dari PageRank (atau ekuitas tautannya). Itu berarti bahwa
halaman dengan banyak backlink akan memberikan lebih banyak PageRank daripada
yang lain. Ini terlihat seperti ini:
Tidak seperti Domain Authority, PageRank sebenarnya adalah faktor peringkat yang diandalkan Google saat mempromosikan halaman web. Jadi meskipun Google tidak lagi memberi kita wawasan langsung tentang PageRank, pemilik situs perlu menyadari bahwa setiap hyperlink masih melewati PageRank (link juice) di seluruh internet.
4.
Meningkatkan Domain Authority & Off-Page SEO Baerjalan
hHand-in-Hand
Karena
perhitungan Domain Authority terutama bergantung pada tautan balik,
strategi SEO di luar halaman seperti pembuatan tautan dan PR digital adalah
satu-satunya cara untuk meningkatkan metrik otoritas situs seperti DA.
Meskipun
meningkatkan SEO pada halaman akan selalu menjadi upaya yang bermanfaat untuk
meningkatkan relevansi dan kualitas Anda di mata Google, pengoptimalan pada
halaman tidak akan secara langsung memengaruhi DA Anda seperti halnya backlink.
Namun,
dengan konten berkualitas lebih tinggi di situs web Anda, mendapatkan backlink melalui
strategi di luar situs kemungkinan akan menjadi jauh lebih mudah. Secara umum
dengan SEO, pendekatan multidisiplin cenderung lebih efektif daripada
mengandalkan astrategi tunggal sendiri.
Cara Meningkatkan Domain Authority (Aman)
Karena
DA dihitung terutama melalui backlink, strategi di luar situs seperti pembuatan
tautan adalah cara terbaik untuk mencoba meningkatkan skor Anda. Tetapi ini
tidak semudah kedengarannya, karena kami tidak memiliki kendali atas apakah
situs web lain memilih untuk menautkan ke situs kami atau tidak.
Selain
itu, beberapa strategi pembuatan tautan dianggap sebagai "topi
hitam", yang berarti situs web Anda dapat dihukum oleh Google jika
tampaknya membayar tautan balik atau terlibat dalam praktik tautan berisi spam.
Tetapi ada banyak cara untuk meningkatkan keseluruhan otoritas domain Anda dengan aman, dan sebagai hasilnya, skor DA Anda. Di bawah ini adalah beberapa strategi pembuatan tautan favorit saya karena keduanya efektif dan sesuai dengan Google.
1. Dapatkan terdaftar di direktori
Untuk
bisnis kecil dan lokal, membuat domain Anda terdaftar di seluruh direktori
online adalah cara yang berdampak tinggi dan hemat biaya (di bawah $100) untuk
meningkatkan DA Anda. Berikut adalah 10 direktori terbaik untuk memulai.
Strategi SEO lokal seperti membangun
kutipan adalah beberapa strategi pertumbuhan paling terjangkau yang dapat Anda
coba. Google tidak hanya akan lebih memahami pasar dan area yang Anda layani,
tautan kembali ke situs web Anda akan membantu meningkatkan skor DA Anda dari waktu ke
waktu.
Untuk bantuan lebih lanjut dengan SEO lokal, kunjungi kursus SEO Lokal gratis dari LOCALiQ Marketing Lab
2. Tulis konten yang bagus
Pertama
dan terpenting, fokuslah untuk membuat konten Anda begitu bagus sehingga situs
lain akan menemukan dan menautkannya secara alami (pikirkan E-A-T).
Tulis
posting bertarget kata kunci yang bagus, dan seorang blogger atau bisnis yang
ingin menulis tentang topik itu akan menemukan posting Anda dalam penelitian
mereka dan mudah-mudahan menautkan kembali ke situs Anda di posting
mereka.
Saya
katakan semoga karena jika informasi yang Anda berikan adalah pengetahuan umum
dan tidak ada cara untuk membuktikan bahwa penulis mendapatkan informasi ini
dari halaman Anda, semakin kecil kemungkinan Anda untuk mendapatkan kutipan.
Tetapi jika Anda membagikan penelitian orisinal atau karya kepemimpinan pemikiran tentang topik tersebut—sesuatu yang sulituntuk direplikasi— semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan backlink itu. Anda dapat mengambil pendekatan ini untuk kata kunci bervolume tinggi atau topik super niche. Pastikan untuk mempromosikannya di media sosial agar lebih menarik perhatian.
3. Kontribusi Guest Posts
Menyumbangkan
konten blog, penelitian orisinal, atau kepemimpinan pemikiran ke situs web DA
tinggi dan relevan lainnya di industri Anda juga merupakan cara yang bagus
untuk mendapatkan lebih banyak backlink ke situs web Anda, dan dengan demikian
meningkatkan DA Anda.
Penerbit
selalu mencari konten yang bagus, dan jika Anda menyediakan konten itu untuk
mereka, Anda tidak hanya meningkatkan keahlian merek Anda, tetapi juga akan
sering mendapatkan tautan balik ke situs web Anda di byline—atau bahkan di
badan pos.
Untuk
meningkatkan Domain Authority Anda lebih cepat, cari peluang blogging tamu
di publikasi khusus industri yang memiliki relevansi topikal dengan milik Anda.
Misalnya, bagan di bawah ini menunjukkan relevansi topikal dari situs web merek
saya sendiri dibandingkan dengan salah satu pesaing utama kami.
Topical
Relevance of Backlink Profiles as seen in SearchAtlas |
4. Invest In Public Relations
Memiliki tim hubungan masyarakat dapat menguntungkan bisnis apa pun, tetapi untuk merek tingkat perusahaan, mendapatkan tautan dalam publikasi terkenal adalah kunci untuk bersaing dengan situs web lain dengan skor Otoritas Domain yang sangat tinggi.
Dalam hal kesadaran merek Anda secara keseluruhan, liputan pers yang tidak menyertakan tautan masih dapat menghasilkan pengembalian SEO yang positif karena Google melihat sinyal di luar situs seperti penyebutan merek untuk memahami otoritas situs web Anda. Tetapi untuk meningkatkan DA secara khusus, tautan dofollow dari publikasi papan ataslah yang pada akhirnya akan berdampak.
Jika Anda adalah bisnis kecil atau menengah yang tidak memiliki sumber daya untuk tim PR, pertimbangkan untuk mendaftar ke Help A Reporter Out (HARO). Layanan ini menghubungkan reporter dengan pakar industri dan dapat menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan peluang penautan berkualitas tinggi.
5. Try Broken Link Building
Meskipun strategi yang lebih maju yang memerlukan penggunaan alat backlink, pembuatan tautan yang rusak dapat membantu Anda menemukan peluang tautan untuk meningkatkan skor DA Anda. Prosesnya adalah sebagai berikut:
- Gunakan alat penganalisis backlink untuk menemukan tautan rusak di situs web lain.
- Buat konten yang dapat berfungsi sebagai pengganti sumber daya yang hilang (atau identifikasi konten yang ada di situs web Anda).
- Hubungi editor dan tawarkan konten Anda sebagai pengganti.
Cara
lain untuk menggunakan DA dalam strategi SEO Anda
Di luar kelenturan otoritas, Anda juga dapat menggunakan skor Domain Authority untuk mengembangkan kampanye SEO yang sangat bertarget. Sifat komparatif dari DA dapat membantu Anda menetapkan tujuan yang realistis dan membandingkan kinerja SEO Anda sendiri.
1. Pilih kata kunci sesuai DA
Dalam hal memilih target kata kunci yang tepat, DA bisa menjadi metrik yang berguna untukmengetahui apakah situs web Anda secara realistis dapat bersaing dengan halaman-halaman yang sudah mendapat peringkat di halaman satu.
Saya
sarankan untuk mengoptimalkan halaman web Anda untuk kata kunci dengan skor
Kesulitan Kata Kunci kurang dari atau sama dengan Otoritas Domain Anda.
Misalnya, jika Anda ingin menentukan peringkat untuk kata kunci “kotak
langganan kopi”, kemungkinan diperlukan setidaknya DA 60 untuk mendapatkan
peringkat di halaman pertama.
Ini bukan barometer mutlak, tetapi sangat membantu untuk mengidentifikasi kata kunci persaingan rendah yang akan membawa lalu lintas organik situs web Anda dalam jangka pendek saat Anda membangun Otoritas Domain Anda dari waktu ke waktu.
2. Identifikasi Prioritas SEO Anda
Karena
DA adalah metrik komparatif, salah satu cara terbaik untuk menggunakan skor
adalah dengan memikirkan pesaing Anda.
Misalnya,
jika DA Anda sudah lebih tinggi dari pesaing Anda, konten berkualitas tinggi
saja kemungkinan akan membawa Anda ke halaman pertama. Itu berarti akan lebih
baik bagi tim Anda untuk menginvestasikan sumber daya Anda dalam pengoptimalan
halaman, yang lebih terjangkau dan sering dapat dilakukan sendiri.
Kenyataannya adalah, SEO di luar situs biasanya membutuhkan lebih banyak waktu, sumber daya, dan biaya. Jika masih ada kesenjangan yang signifikan antara Otoritas Domain Anda dan pesaing Anda, maka agresif dengan strategi off-site Anda akan menjadi hal yang harus dilakukan jika Anda ingin bersaing dan membuat situs web Anda lebih terlihat di Google.
3. Perhatikan Pedoman Google
KetikaOtoritas
Domain bukanlah faktor peringkat resmi (sekali lagi, ini adalah metrik Moz),
ini adalah representasi dari dua hal yaitu: E-A-T dan backlink.
Dalam panduan Backlinko untuk SEO pada tahun 2022, Brian Dean menunjukkan bahwa Pedoman Penilai Kualitas Google mengatakan pembuat konten utama berperan dalam peringkat Anda. Ini berarti memastikan penulis blog Anda adalah ahli dalam topik yang dibahas dan memiliki byline yang mengatakan demikian, dan bahwa Google dapat belajar sebanyak mungkin tentang keahlian dan otoritas situs web Anda melalui halaman tentang, halaman kontak, kebijakan privasi, dan persyaratan Anda. melayani.
Tingkatkan Otoritas Domain, tingkatkan peringkat Anda
Dalam
beberapa hal, Otoritas Domain bisa terasa seperti simbol status di dunia SEO.
Skor DA yang sangat tinggi sangat mengesankan dan tidak mudah didapat, tetapi
ingat, kesuksesan SEO Anda tidak dibatasi atau ditentukan oleh Otoritas Domain
Anda.
Namun,
meningkatkan DA bermanfaat karena bergantung pada faktor-faktor yang penting
untuk mendapatkan peringkat yang baik di Google, dan peringkat yang baik di
Google berarti lebih banyak lalu lintas ke situs Anda.
Untuk menunjukkan kepada Google bahwa domain Anda otoritatif dan dipercaya oleh situs web lain di internet, ikuti langkah-langkah yang tercakup dalam posting ini untuk meningkatkan Domain Authority Anda:
Dapatkan terdaftar di direktoriTulis konten yang bagusPosting tamu di situs lainBerinvestasi dalam hubungan masyarakatCoba pembuatan tautan yang rusak
Jadi itula beberapa penjelasan mengenai DA dan tips tricknya, semoga bermanfaat, maaf apabila banyak kekurangan, typo dll. silakan berikan komentar dan sarang agar saya terus berkembang. Mungkin cukup sekian Informasi kali ini, Salam!